Perawatan Produk

Agar payung / jas hujan lebih bertahan lama, maka diperlukan perawatan dan penggunaan yang baik.

Berikut ini adalah tips dari DMI Payung agar produk Anda lebih awet:

 

1. Keringkan payung / jas hujan sebelum dilipat / disimpan

Jangan melipat payung / jas hujan dalam keadaan basah. Payung yang dilipat dalam keadaan basah sangat rentan berkarat. Jas hujan yang dilipat dalam keadaan basah dapat menimbulkan jamur dan bakteri sehingga menghasilkan bau tak sedap. Basuh jas hujan dengan air bersih sebelum dikeringkan dan dilipat.

 

2. Rapikan payung sebelum dilipat

Rapikan setiap lipatan payung sebelum dilipat seluruhnya. Melipat payung tanpa dirapikan beresiko rangka payung saling bertautan (khususnya untuk payung lipat). Hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada susunan rangka payung.

 

3. Buka payung dengan hati – hati

Payung yang baru digunakan atau telah lama tidak digunakan biasanya agak sedikit lengket antar lipatan kainnya. Guncangkan sedikit saat akan membuka payung untuk merenggangkan lipatan kain.

 

4. Jangan menyikat jas hujan

Jangan menggunakan sikat untuk membersihkan jas hujan. Cukup usapkan sabun secara perlahan dan basuh dengan air bersih.

 

5. Simpan jas hujan berbahan PVC / karet di tempat teduh

Bahan PVC / karet dapat berubah menjadi getas / kaku bila terkena panas terus menerus. Jas hujan yang sudah getas sangat mudah sobek. Simpan jas hujan PVC / karet di tempat teduh untuk menghindari hal tersebut.

 

6. Kenakan jas hujan berukuran lebih besar

Jas hujan sebaiknya dikenakan dalam keadaan sedikit longgar. Bila dikenakan dengan ukuran pas-pasan, jas hujan akan rentan tertarik antar lipatannya. Hal ini akan membuat jas hujan cepat sobek bila berbahan PVC / karet, atau merenggang pada jahitannya yang berakibat mudah rembes bila berbahan parasut. Lagipula, jas hujan dengan ukuran lebih besar memungkinkan Anda sekaligus menutupi tas / ransel bila diperlukan.

Join the discussion...

Your email address will not be published. Required fields are marked *